Senin, 27 Desember 2010

TEKNIK MEMUKUL BOLA/KOK

Beberapa panduan untuk memukul bola bulutangkis dengan enak :
1. Pukullah bola ketika masih berada di depan kita, bukan ketika bola berada di atas bahkan di belakang kita. Memukul bola ketika masih berada di depan kita akan membuat energi yang terdorong ke bola menjadi lebih besar. Kita pun juga bisa dengan lebih mudah mengontrol posisi pengembalian bola. Ketika bola sudah berada di atas bahkan di belakang kita, jika tenaga kita tidak cukup, maka bola akan memelanting ke atas secara hiperbola, dan biasanya akan menjadi sasaran empuk lawan untuk mensmes keras.
2. Biasakan mengangkat raket (posisi raket siap menerima bola) ketika mau menerima bola, sehingga ketika kita mau memukul bola, kita bisa menghemat sepersekian detik yang akan terbuang untuk mengangkat raket dari posisi “santai” ke posisi memukul bola. Dengan menghemat waktu tersebut, kita bisa melakukan hal no. 1 di atas dengan lebih baik. Selain itu, mengangkat raket juga terkadang berguna untuk membantu refleks Anda ketika lawan mengembalikan bola dengan cepat (yang sulit dikembalikan bila raket Anda tidak dalam posisi ’siap siaga’).
3. Ketika bola sudah dikembalikan oleh lawan, ikuti jalannya bola dengan kepala raket (ini kegunaan lain dari kebiasaan no. 2 di atas). Dengan mengikuti jalannya bola, Anda akan lebih akurat dalam menerima bola dan kontrol pengembalian bola juga lebih enak.
4. Terakhir tetapi yang terpenting, bergeraklah dengan gesit. Setelah memukul bola, langsung kembalilah ke posisi dimana Anda seharusnya bersiaga (biasanya di titik tengah) dan bersiaga untuk menerima pengembalian bola. Latihan Gerak Kaki (footwork) sangat berguna untuk hal ini, karena jika Anda sudah sampai duluan di lokasi bola dikembalikan oleh lawan, maka Anda punya pilihan lebih enak dalam hal bagaimana Anda ingin bola tersebut dikembalikan ke lawan (sempat berpikir secara proaktif, tidak hanya reaktif menerima saja).
Latihan untuk cepat menguasai pemukulan bola tepat di kepala raket:
1. Seperti yang biasa dilakukan oleh anak-anak, lambungkan kok dengan raket Anda secara vertikal. Jika Anda masih pemula, pukullah pelan-pelan saja, tidak perlu terlalu tinggi-tinggi. Jika sudah dapat mengontrol dengan baik, tingkatkan ketinggian bola yang Anda pukul. Usahakan lengan untuk lurus (tidak ditekuk dan terlalu dekat dengan badan). Jika Anda sering melakukan hal ini, badan Anda akan menghafal titik tepat pemukulan bola pada raket Anda.
2. Berlatih memukulkan kok ke tembok. Mulailah dengan tembok luas dan tinggi yang mulus. Pukulkan kok ke arahnya dengan gaya drive (datar, bukan vertikal ke atas) yang (cukup) keras. Awalnya akan terasa sulit, tetapi lama-lama Anda akan mulai terbiasa dan hasilnya adalah badan Anda akan memiliki refleks yang baik dalam menerima bola-bola tak terduga. Jika Anda ingin tantangan lebih, dapat melakukan hal ini di tembok tidak rata.
Selain itu, setelah memukul bola, langsung rilekskan lengan dengan meneruskan alur gerak tangan setelah memukul. Cara ini dapat mengurangi kemungkinan kejut otot/urat.
Selamat mencoba

(dikutip dari http://bulutangkis.wordpress.com/)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar