Sabtu, 25 Desember 2010

Bagaimana melatih langkah kaki (Footwork) Anda bermain bulutangkis?

Dalam permainan bulutangkis salah satu unsur yang paling penting adalah langkah kakiFootwork). Sebaik apapun smash Anda akan percuma jika tidak dibarengi langkah kaki yang bagus di lapangan. Langkah kaki (footwork) yang efektif dan efisien akan mempermudah Anda bergerak di lapangan, stamina dan tenaga yang diperlukan akan lebih kecil. Bayangkan jika Anda mondar-mandir lari setengah lapangan badminton yang berukuran 88x99m2 dan berusaha mengembalikan shuttlecock yang meluncur cepat, bisa kebayang dalam 15 menit pasti sudah ngos-ngosan. :) (
Berikut adalah tips latihan langkah kaki (footwork) untuk permainan tunggal dengan menggunakan tangan kanan.
Mulai dari posisi tengah dengan gerakan dancing. Untuk membalikan shuttlecock dropshot backhand, langkah kecil kaki kiri kemudian diikuti langkah besar kaki kanan pada posisi backhand. Selesai membalikkan shuttlecock, balik ke posisi awal dengan langkah kaki kanan ke belakang diikuti langkah kaki kiri. Lutut agak ditekuk untuk mendapatkan kekuatan kaki. Jaga gerakan dancing sambil menunggu shuttlecock.
Untuk membalikkan shuttlecock dropshot pada posisi forehand. Jaga gerakan dancing dimulai dengan langkah kecil kaki kiri dan diikuti langkah besar kaki kanan, usahakan lutut agak ditekuk untuk mendapatkan kekuatan kaki, setelah itu balik ke posisi center dengan langkah kaki kanan kemudian diikuti langkah kaki kecil.
Membalikkan shuttlecock yang long pada posisi backhand. Jaga gerakan dancing kemudian langkah kaki kanan ke sebelah kiri dengan posisi kaki kanan menyilang dan punggung menghadap ke net. Selesai mengembalikan shuttlecock balik ke posisi center dengan langkah kaki kanan ke posisi semula.
Jika shuttlecock jatuh pada posisi long di sebelah forehand, langkah kaki kanan sesuai dengan jarak yang bisa dijangkau kemudian kembali ke posisi center, sambil menunggu shuttlecock yang dibalikkan lawan.
Yang perlu diperhatikan adalah start point di lapangan yaitu center point atau tengah lapangan setiap mengembalikan shuttlecock yang dropshot atau belakang Anda berusaha untuk balik lagi ke titik tersebut sambil menunggu shuttlecock dibalikin lawan Anda. Usahakan gerakan dancing tetap terjaga supaya ada kecepatan awal bagi tubuh untuk bergerak.
Tips footwork di atas hanya sebagai referensi untuk melatih langkah kaki Anda karena gerakan tersebut cukup efisien tapi bukan mutlak. Kemungkinan Anda bisa menemukan gerakan yang lebih bagus dan efisien dengan cara Anda sendiri.
Intinya adalah lakukan langkah kaki (footwork) sesuai dengan irama permainan Anda, temukan sendiri langkah yang paling efektif dan efisien berdasarkan permainan karena postur tubuh tiap pemain adalah berbeda-beda seperti tinggi badan, bentuk tulang, dan keseimbangan badan juga beda. Bahkan ada pebulutangkis juara dunia yang memiliki langkah kaki yang tidak beraturan.
Just be yourself :)
Langkah kaki (Footwork) ini kelihatan gampang tapi untuk melatihnya kadang memerlukan waktu yang lama. 

Salam BuluTangkis }>D

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar